5 Perbedaan Laptop dan Komputer yang Jarang Diketahui Orang

Perbedaan laptop dan komputer sangatlah kontras, tetapi kenapa masih banyak yang salah sebut. Kenali 5 perbedaannya di sini agar tidak ada lagi salah paham.

Dalam percakapan sehari-hari, sering kali ditemui kerancuan penyebutan mengenai laptop. Orang awam terbiasa dengan istilah komputer, meskipun yang ditunjuk itu adalah laptop. Di atas kertas bisa dikatakan antara laptop dan komputer memiliki fungsi yang sama, tetapi perbedaan laptop dan komputer sebenarnya cukup signifikan jika dilihat secara detail.

5 Perbedaan Laptop dan Komputer

perbedaan laptop dan komputer

Untuk memudahkan melihat perbedaan antara laptop dan komputer, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membandingkan keduanya secara fisik. Dari perbandingan laptop dan komputer ini, kemudian akan ditemukan beberapa poin perbedaan, yaitu:

1. Cara Perakitan

Untuk memiliki komputer, Anda bisa merakitnya sendiri sesuai keinginan. Banyak brand-brand ternama yang menyediakan bagian-bagian perangkat komputer secara parsial. Terlebih untuk Anda yang butuh spesifikasi khusus, merakit komputer sendiri adalah pilihan terbaik karena tidak semua spesifikasi yang ada di laptop mampu memenuhi ekspektasi Anda.

Baca Juga : 4 Tips Memilih Kamera DSLR Yang Tepat Untuk Pemula

Perakitan laptop sudah pasti menganut sistem pabrikasi dari masing-masing brand. Standar dan spesifikasi laptop sudah ditentukan berdasarkan klasifikasi tipe laptop dan harga. Untuk Anda yang mengutamakan kepraktisan, laptop jelas pilihannya karena perangkat seperti keyboard, pointer, dan monitor sudah terintegrasi jadi satu sehingga Anda tinggal menggunakannya.

2. Power Supply

Sumber daya komputer berasal dari jaringan listrik langsung. Perangkat ini harus selalu terhubung ke sumber listrik agar berfungsi dengan baik. Kondisi ini bisa menjadi masalah yang merugikan ketika listrik padam sehingga aktivitas Anda akan terhenti.

Laptop sumber dayanya berasal dari baterai. Kelebihan baterai tentu dari kemampuannya yang dapat menyimpan arus listrik sementara sehingga laptop tidak harus terkoneksi dengan sumber jaringan listrik. Ketika daya baterai mulai habis, Anda hanya butuh melakukan pengisian ulang lagi dan begitu seterusnya.

Poin lebih dari laptop adalah Anda tidak perlu khawatir dengan pemadaman listrik. Anda bisa melanjutkan pekerjaan sepanjang baterai masih mendukung. Tetapi baterai memiliki masa usia penggunaan sehingga ketika performa baterai mulai menurun, Anda perlu menggantinya dengan yang baru dan di sini poin kelemahan dari laptop.

3. Konsumsi Daya

Komputer merupakan perangkat yang tergolong membutuhkan konsumsi daya tinggi. Hal ini bisa terjadi karena komputer itu sendiri menggunakan sumber daya yang berasal dari jaringan listrik langsung. Kondisi inilah yang membuat desain perangkat di dalam komputer harus menyesuaikan dengan sumber dayanya dan efeknya berimbas pada konsumsi daya.

Kondisi berbeda terjadi pada laptop, yaitu lebih hemat soal konsumsi daya. Mengingat laptop menggunakan baterai yang umumnya memiliki arus listrik rendah akan membuat desain perangkat yang lebih ramah daya. Meskipun berdaya rendah, kinerja laptop bisa sebanding dengan komputer pada umumnya.

4. Fleksibilitas

Komputer bisa dibilang sebagai perangkat permanen secara penempatan karena harus dekat dengan sambungan listrik. Terlebih komputer itu sendiri cukup berat serta keyboard dan monitor yang terpisah membuatnya semakin tidak fleksibel untuk dipindahkan. Meskipun pada dasarnya komputer bisa dipindah-pindahkan, tetapi butuh penempatan khusus.

Kelebihan laptop karena bentuknya ringkas dan ringan tentu fleksibilitasnya jauh lebih tinggi. Apalagi laptop didukung sumber daya dari baterai yang membuat Anda bisa melakukan pekerjaan secara mobile sesuai dengan kebutuhan.

5. Penggunaannya

Fungsi laptop dan komputer pada dasarnya adalah sama, namun untuk penggunaannya tergantung dari profesi pekerjaan atau kebutuhan Anda. Untuk Anda yang berprofesi sebagai desainer, animator, atau profesi yang butuh spesifikasi perangkat tinggi maka komputer adalah pilihannya karena Anda punya keleluasaan untuk Anda melakukan upgrade perangkat sewaktu-waktu.

Berkaitan dengan kemudahan upgrade perangkat, laptop tidak sefleksibel komputer. Faktanya tidak semua orang juga butuh komputer dengan spesifikasi tinggi. Untuk Anda yang pekerjaan hanya melakukan pengetikan, pencatatan keuangan, programmer, atau pekerjaan yang butuh aplikasi sederhana maka laptop sudah cukup untuk mendukung aktivitas Anda.

Perbedaan laptop dan komputer bisa dikatakan cukup kontras. Meskipun begitu, keduanya memiliki fungsi yang sama. Lebih memilih laptop atau sebaliknya itu bukan masalah, justru yang jadi masalah adalah ketika salah penyebutan. Untuk Anda yang sering mendengar kekisruhan istilah laptop dan komputer ini, bagikan artikel ini agar tidak ada lagi salah paham.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *