Manfaat Timun untuk Ibu Hamil Secara Ilmiah

Manfaat timun untuk ibu hamil selalu jadi pertanyaan, terutama bagi yang baru hamil pertama. Selain membawa bahagia, kehamilan dapat membawa kekhawatiran, terutama berkaitan dengan pantangan makan bagi ibu hamil.

Banyak new pregnant moms yang bertanya-tanya bolehkah ibu hamil makan timun? Jika boleh, apakah ada manfaat timun untuk hamil sehingga malah justru dianjurkan? Jika tidak boleh, lantas apa bahaya makan timun untuk ibu hamil?

Jawabannya adalah boleh, dan malah dianjurkan karena mengandung segudang manfaat untuk ibu hamil.

Nah apa saja sih manfaat timun untuk ibu hamil?

Berikut beberapa manfaat dari mengonsumsi timun untuk ibu hamil.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat Timun untuk Ibu Hamil

Mengontrol tingkat tekanan darah merupakan hal yang sangat penting  bagi ibu hamil. Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan banyak masalah seperti hiperemesis gravidarum, preeklampsia, dan lain-lain.

Timun mengandung kalium dalam jumlah yang ideal untuk membantu mengontrol tekanan darah ibu. Kalium bermanfaat dalam menyeimbangkan jumlah garam sekaligus menenangkan jantung.

*BACA JUGA : Inilah Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Mencegah Dehidrasi

Ibu hamil sering kehilangan selera untuk makan atau minum, terutama di awal kehamilan. Hal ini karena membesarnya ukuran rahim yang menekan posisi lambung dalam perut ibu.

Hilangnya selera makan dan minum dapat mengantar pada dehidrasi. Manfaat timun untuk ibu hamil dapat membantu mencegah dehidrasi. Karena kandungan airnya yang mencapai lebih dari 90% dalam tiap buahnya.

Konsumsi timun sebagai kudapan atau makanan ringan akan membantu mengisi kebutuhan cairan ibu.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kehamilan yang sehat menuntut adanya tubuh yang sehat. Kesehatan ibu akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan janin, karena mereka terhubung secara raga dan batin.

Timun mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat dalam menangkal radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh. Antioksidan dalam timun relatif cukup tinggi sehingga konsumsi 1 potong per hari secara rutin sangat bermanfaat untuk ibu hamil.

Manfaat timun untuk ibu hamil satu ini tak dapat dianggap enteng. Terutama karena kekebalan janin didapat melalui ibu. Ibulah satu-satunya sumber kekebalan bayi yang baru lahir.

Mencegah Konstipasi atau Sembelit

Ibu hamil sering mengalami masalah dalam buang air besar, terutama pada kehamilan tua. Bertambahnya ukuran janin selain menyulitkan secara posisi, juga memiliki kemungkinan dapat menyebabkan sembelit atau konstipasi.

Timun mengandung serat dalam jumlah yang cukup banyak, terutama di bagian kulit. Serat ini akan membantu dalam dekomposisi sisa makanan sehingga lebih mudah dikeluarkan saat buang air besar.

Menjaga Tingkat Stres

Manfaat Timun untuk Ibu Hamil

Ibu hamil dikenal sering mengalami tekanan batin, baik dari diri sendiri maupun lingkungan. Ekspektasi untuk memberikan yang terbaik bagi buah hati sering mengundang stres yang cukup berat.

Apalagi jika ditambah dengan komentar tetangga, saudara, atau bahkan suami yang kadang kurang bijak. Hal ini dapat mengantar pada sindrom baby blues, terutama bagi ibu yang baru hamil.

Risiko ini dapat diperingan dengan mengonsumsi timun secara rutin bagi ibu hamil. Kandungan vitamin B kompleks dapat memicu pelepasan hormon santai yang dapat memperbaiki mood dan suasana hati.

*BACA JUGA : Tips Agar Paru-Paru Tetap Bersih

Membantu Tumbuh Kembang Janin

Tumbuh kembang janin sangat dipengaruhi oleh asupan makan ibu. Karena semua gizi janin didapatkan melalui plasenta yang tersambung langsung ke rahim ibu. Maka penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan jenis diet dan asupan makannya.

Timun mengandung asam folat, zinc, vitamin B kompleks, vitamin C, kalium, magnesium, hingga zat besi. Semua zat gizi tersebut merupakan zat-zat yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan janin.

Jadi, selain mengandung manfaat untuk ibu hamil, ada juga manfaat timun untuk janin.

Kesimpulan

Nah, dengan sekian banyak manfaat timun untuk ibu hamil, sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya secara rutin. Terutama karena ketika hamil seringkali diet harian berganti menjadi model cemilan.

Timun dapat menjadi salah satu pilihan cemilan yang menyehatkan bagi ibu hamil. Jika Anda atau orang di sekitar Anda sedang hamil, dapat disarankan mengonsumsinya. Silakan bagikan artikel ini agar semakin banyak yang mengetahui manfaat timun untuk ibu hamil.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *