9 Kunci hidup Bahagia


Setiap manusia yang hidup mempunyai keinginan dasar yang sama, yaitu menggapai kebahagiaan.

Kebahagiaan yang diinginkan kebanyakan orang adalah kebahagiaan yang tampak oleh mata atau bersifat lahiriah.

Sebagian besar orang menganggap manusia bahagia adalah yang sukses dalam karir atau pekerjaan. Kesuksesan manusia kebanyakan di ukur dari seberapa uang, maka manusia tersebut dikatakan telah sukses dalam hidupnya.

kenapa selalu uang dan harta menjadi ukuran kebahagian seseorang? Karna harta bisa membuat kebutuhan manusia tentang hal-hal yang bersifat fisik terpenuhi . Dengan kekayaan materi yang di milikinya, kita bisa memiliki mobil, makan enak, berpakaian mewah, berumah megah, bahkan mampu naik pesawat kemanapun yang kita inginkan. Kita pasti merasa puas karena bisa menikmati fasilitas yang tersedia di depan mata.

Hanya saja seiring berjalanya waktu, kepuasan itu akan berasa berkurang. Bahkan pada ahirnya orang kaya tidak lagi bisa menikmati atau merasa biasa saja. Contoh sederhana, seseorang merasa nikmat ketika menyantap sate kambing, akan tetapi apabila setiap hari memakanya, lama kelamaan akan terasa hilang rasa nikmatnya. Setidaknya kenikmatan itu jauh berkurang dibanding saat menyantap untuk pertama kali.

Contoh diatas adalah kebahagian tipuan, karna kebahagiaan lahir itu belum dikatakan hakiki sehingga semu dan menipu. Dalam artian tidak menyentuh jiwa.

Hal itu bisa kita lihat dari kenyataan di lapangan, bahwa orang yang terlalu banyak menikmati kebahagiaan materi lambat taun akan mengalami penderitaan. Contoh yang sederhana adalah orang yang terlalu berlebihan menikmati sate kambing dalam jangka panjang, tekanan darahnya dapat naik sehingga mengalami stroke yang dapat berakibat kehilangan nyawa.

orang boleh kaya dunia, tetapi Nabi saw melarang jangan cinta dunia, sperti nabi sulaiman as dan para sahabat yang kaya, kita harus menundukan dunia, dunia tidak boleh di letakkan dalam hati.

Manusia kalau terlalu banyak memburu materi terkadang ia lupa sedekah, berbagi, bahkan mengingkari bahwa tuhan lah yang memberi rezeki. Kita tidak akan lupa diri bahwa apapun yang dimiliki merupakan pemberian dari tuhan yang Maha Kuasa.

Berikut 9 kunci bahagia :

bahagia
gambar ibu dan anaknya sedang bermain

1.Tidak membenci.

membenci orang lain merupakan sifat buruk pada manusia. bahkan membenci dapat melupakan kebaikan orang yang pernah berbuat baik kepada kita.

2. Tidak Mengeluh.

Setiap manusia pasti punya keluhan, namun kalau kita berfikir positif hidup yang kita keluhkan kadang hidup yang orang lain inginkan, maka dari itu selalu berfikir positif dan selalu berdoa kepada tuhan karna tuhan lah tempat kembali yang sejati.

3.Berprasangka Baik.

prasangka baik ada hal yang terpuji, bila mana hal yang kita inginkan belum tercapai cukup bersangka baiklah kepada tuhan karna tuhan lebih tau baik dan buruknya sesuatu untuk hambanya.

4. Rendah Hati.

Setinggi apapun derajat kita masih ada yang lebih tinggi derajatnya dari kita, untuk itu rendah hati lebih baik dari kesombongan.

5. Mudah Memaafkan.

ketika kita mudah memaafkan atau bahkan ikhlas memaafkan, maka kita akan mudah menemukan kedamaian dalam diri kita.

6. Hindari Permusuhan.

Selalu bersikap baiklah pada orang lain karna demaian lebih indah dari pada permusuhan.

7. Bersedekah.

Seringlah beramal baik salah satumya sedekah, Bersedekah itu dapat membersihkan harta kita dari kotoran, kotoran disini jangan di artikan kotoran ayam atau kotoran manusia.

8. Bersukur.

Orang yang bersukur adalah orang yang tau berterimakasih, bukan sekedar banyak dan sedikitnya rezeki yang kita peroleh tpi renungkan sejenak yang memberi rezeki adalah Allah yang Maha Agung

9. Tidak Dengki & Iri Hati.

Bekerja 24 jam full dalam sehari kalau memang rezekinya segitu yang tetep segitu, maka gk usah iri sama rezekinya orang.

Banyaknya harta yang di berikan tuhan kepada kita pada hakikatnya merupakan sebuah cobaan. Tuhan menguji manusia dengan cara memberi rezeki yang berlimpah. Apabila manusia berhasil melewati cobaan tersebut maka ia akan merasa bahagia. Sebaliknya, jika cobaan tersebut tidak disikapi degan tepat maka kehidupanya akan merasa sengsara.

untuk itu kita perlu tau bahwa kebahagiaan batin juga sangat perlu sehingga bisa diresapi sampai hati kita.

kalian pernah dengar kata-kata “jangan lupa bahagia”? memang setidaknya kita bisa merasakan bahwa bahagia itu tempatnya di hati, bukan apa yang kita miliki secara materi.

Namun materi juga sangat di perlukan untuk kebutuhan kita sehari-hari, maka bahagia secara materi dan bahagia batin saling melengkapi.

Pada sejatinya orang bahagia itu orang yang bisa menenangkan hatinya, menerima apa yang kita miliki. Tak usah serakah ingin ini dan itu padahal kemampuan kita secara materi belum bisa mencukupinya.

Untuk kesimpulannya orang bahagia itu orang yang mencukupi kebutuhan hidup, bukan orang yang terus menuruti hawa napsu.

solichudin

pecinta kopi

Mungkin Anda Menyukai

2 tanggapan untuk “9 Kunci hidup Bahagia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *