7 Bahasa Pemrograman Android Mudah untuk Belajar Pemula


Jika Anda baru saja ingin memulai belajar bahasa pemrograman Android, maka haruslah tepat dalam memilih bahasa pemrograman yang cocok untuk newbie seperti Anda. Untuk itu, Anda harus belajar dari dasar agar benar-benar menguasai pemrograman berbasis Android. Berikut ini ada beberapa rekomendasi yang cocok untuk Anda pelajari terlebih dahulu.

simak apa saja bahasa pemrograman android di bawah ini :

1. Java

bahasa pemrograman android

Yang pertama ada Java yang sangat mudah dipelajari oleh pemula. Java sendiri bersifat universal alias bisa dijalankan di mana saja alias bukan hanya untuk Android saja. Buat Anda yang ingin mencoba membuat aplikasi dengan menggunakan Java, ada tools bernama Android Studio (IDE – integrated development environment resmi yang di-support oleh Google) dan Eclipse.

2. C++

7 Bahasa Pemrograman Android Mudah untuk Belajar Pemula pengentau

Selanjutnya ada C++ yang sebenarnya sudah ada sejak dulu, bahkan sebelum kemunculan Java. Saat Anda mempelajari ini, maka Anda akan mendapatkan pengetahuan dasar akan pemrograman komputer yang akan sangat berguna jika dikembangkan ke bahasa pemrograman khusus mobile Android. C++ sendiri merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman C, meskipun ada juga yang lainnya seperti Objective-C dan C#.

Baca Juga :Mau Menghilangkan Garis Merah Di Word? Lakukan Cara Ini

3. Kotlin

Kotlin juga merupakan bahasa pemrograman Android yang wajib dipelajari oleh pemula. Mungkin belum terlalu familiar, tapi produk pengembangan dari JetBrains, perusahaan di balik Intellij IDEA. Bukan hanya bahasa pemrograman saja, kotlin juga diciptakan untuk menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang ada di Java. Anda pun tak perlu khawatir karena baik Java maupun Kotlin bisa beroperasi bersamaan dalam suatu sistem.

4. Dart

Dart adalah bahasa pemrograman dari Google yang juga merupakan pemilik dari sistem Android dengan sifat general purpose alias bisa digunakan berbagai platform bukan hanya Android. Lars Bak dan Kasper Lund adalah pencipta dari Dart. Ia juga bersifat open source jadi bisa digunakan oleh developer siapa saja.

5. C#

bahasa pemrograman android

Yang kelima ada dari C# atau C Sharp yang dirancang all purpose dan berorientasi pada objek. Awalnya ia dirancang di atas fondasi C oleh Microsoft sebagai kerangka .NET yang memiliki tujuan mengembangkan aplikasi ber-platform Windows. Jika Anda ingin menjadi pengembang game Android terbaik, Anda harus mempelajari ini.

Kebanyakan developer menggunakan CSharp untuk aplikasi 2D atau 3D bermesin game unity populer. Meskipun milik Microsoft, nyatanya bahasa pemrograman ini juga bisa digunakan untuk lintas platform seperti Android dan IOS. Untuk lebih memudahkan, ada 2 tools yang bisa membantu Anda untuk lebih mengembangkan pemrograman bersama CSharp yaitu Xamarin dan Xamarin Studio.

6. JavaScript

7 Bahasa Pemrograman Android Mudah untuk Belajar Pemula pengentau

Bahasa pemrograman untuk pemula selanjutnya JavaScript karena memiliki sintaks yang fleksibel dan berfungsi hampir di semua browser. Meskipun JavaScript populer untuk website, ia juga bisa digunakan untuk Android. Di sini, Anda bisa menggunakan framework seperti Ionic, PhoneGap, dan React Native.

7. TypeScript

Bahasa pemrograman ini diciptakan untuk menutupi kekurangan dari JavaScript, jadi masih satu induk dengan Microsoft. Hanya saja TypeScript lebih kompleks dan besar.

Java, Kotlin, dan JavaScript adalah tiga bahasa pemrograman terbaik Android yang bisa Anda pilih dan pelajari lebih mendalam. Karena hingga saat ini, ketiga bahasa pemrograman ini masihlah sangat disukai oleh banyak developer.

Demikianlah pembahasan terkait bahasa pemrograman Android yang ramah untuk pemula. Semua itu memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, bergantung pada selera Anda juga dapat menggunakan. Karena tingkat kesulitan dan tantangan tiap orang berbeda-beda. Jadi, fokuslah terlebih dahulu pada yang sudah Anda pilih untuk kemudian dilanjutkan dengan bahasa pemrograman lainnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *